10+ Software Alternatif Photoshop di PC dan laptop - GimTekno

10+ Software Alternatif Photoshop di PC dan laptop

Bicara editing gambar di PC, aplikasi Photoshop jadi nama pertama yang direkomendasikan. Meski begitu, kini ada banyak software alternatif Photoshop yang rasanya juga pantas jadi pilihan. Apalagi banyak di antara mereka yang punya fitur mirip Photoshop yang tak kalah menarik, gratis, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Meski sering dianggap sebagai aplikasi editor gambar terbaik, Photoshop juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, harganya tergolong sangat mahal, apalagi kini mereka juga menerapkan sistem pembayaran bulanan. Photoshop pun tergolong rumit bagi kebanyakan orang yang hanya butuh aplikasi editing gambar sederhana.

Nah, buat kamu yang ingin memakai aplikasi gambar selain Photoshop, berikut adalah beberapa alternatif Photoshop yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

Aplikasi Alternatif Photoshop di Windows dan Mac

1. Corel PaintShop Pro

Software alternatif Photoshop dengan fitur yang mirip, namun tanpa biaya berlangganan.

PaintShop Pro dari Corel jadi rekomendasi pertama bagi kamu yang ingin mencari alternatif Photoshop dengan harga yang lebih terjangkau. Meski menyediakan sistem pembayaran bulanan, kamu juga bisa membeli aplikasi ini dengan lisensi seumur hidup lho!

Corel Paint Shop Pro, software alternatif Photoshop dengan fitur yang mirip namun tanpa biaya berlangganan.

PaintShop Pro sendiri awalnya hadir sebagai aplikasi editing foto pengganti MS Paint. Namun seiring berkembangnya Photoshop, Corel pun mulai menambahkan banyak fitur lain agar mampu bersaing. Bagi pengguna Photoshop lama, PaintShop Pro memiliki tampilan muka dan fitur yang kurang lebih sama sehingga lebih mudah digunakan.

Untuk masalah kompabilitas, Corel PaintShop Pro juga bisa membuka dan menyimpan file PSD untuk memudahkan kolaborasi dengan pengguna Photoshop lainnya. Aplikasi ini pun memiliki beragam workspace yang nantinya bisa kamu atur tergantung tugas yang kamu jalankan, entah itu membuat desain grafis atau mengolah foto RAW.

Satu hal menarik dari aplikasi pengganti Photoshop ini adalah fitur AI yang bisa membantu kamu mempermudah pekerjaan, mulai dari menghapus background hingga mempercantik tampilan foto. Dan meski tidak sebanyak Photoshop, Corel PaintShop Pro juga memiliki dukungan untuk beberapa plugin.

2. Affinity Photo

Alternatif Photoshop premium dengan segudang fitur yang mirip.

Bagi kamu yang ingin memiliki software pengganti Photoshop premium dengan harga yang lebih terjangkau, Affinity Photo jadi nama teratas lainnya. Hanya dengan sekali pembayaran, kamu bisa memakai software buatan Serif ini dengan bebas.

Affinity Photo jadi alternatif Photoshop premium dengan segudang fitur yang mirip.

Bagi pengguna yang baru beralih dari Photoshop, Affinity Photo memiliki tampilan muka yang serupa agar kamu lebih mudah mempelajarinya. Kebanyakan fitur yang ada pada Photoshop pun bisa kamu temui, meski ada beberapa yang hilang, seperti animasi dan 3D image.

Di luar itu, Affinity Photo pun memungkinkan kamu untuk membuka dan menyimpan file dalam format PSD yang kompatibel dengan Photoshop. Kamu pun bisa menemukan banyak plugin Photoshop yang juga bisa dipakai di software edit gambar ini.

Meski begitu, perlu diingat bahwa Affinity Photo masih dalam tahap pengembangan, dan beberapa fitur yang dimilikinya mungkin belum secanggih Photoshop. Namun bagi kamu yang mencari alternatif Photoshop yang lebih terjangkau, Affinity Photo memiliki learning curve yang cukup mudah dan pas untuk kamu pertimbangkan.

3. GIMP

Alternatif Photoshop yang sepenuhnya gratis, namun tetap kaya akan fitur editing gambar dan foto.

Bicara mengenai software alternatif Photoshop di PC, nama GIMP umumnya akan terus muncul. Tidak cuma menawarkan software penuh tools untuk editing gambar dan foto, aplikasi ini juga bersifat open source sehingga gratis kamu gunakan sepenuhnya. Kamu bahkan bisa berkontribusi bila memiliki skill yang mereka butuhkan.

Gimp adalah alternatif Photoshop gratis, namun tetap kaya akan fitur editing gambar dan foto

Dibanding alternatif lainnya, GIMP memiliki fitur yang tergolong kaya meski masih kalah solid bila dibandingkan Photoshop. Aplikasi ini pun bisa membaca file PSD, meski akan kesulitan dalam membuka file yang lebih kompleks dan berukuran sangat besar. Selain fitur dasar, kamu pun bisa menambahkan banyak plugin menarik yang rata-rata juga bisa kamu pasang secara gratis.

Satu hal yang sering menjadi kekurangan software ini adalah learning curve-nya yang cukup sulit. Meski begitu GIMP memiliki komunitas pengguna yang aktif, serta menyediakan banyak tutorial, forum, dan dukungan. Jadi jika kamu butuh aplikasi edit gambar atau foto gratis, GIMP jelas jadi alternatif Photoshop yang menarik untuk kamu coba.

4. PhotoGIMP

Patch untuk membuat GIMP makin mirip Photoshop.

PhotoGIMP adalah patch untuk membuat GIMP makin mirip Photoshop

PhotoGIMP sebenarnya bukanlah aplikasi editing gambar, melainkan sebuah patch untuk mengubah GIMP menjadi lebih mirip Photoshop. Untuk saat ini, patch ini kompatibel dengan GIMP 2.10 ke atas yang tergolong baru rilis.

Tidak hanya dari segi tampilan, patch ini juga akan mengatur letak fitur-fitur GIMP sesuai tampilan di Photoshop. Shortcut-nya pun disamakan sesuai dengan dokumentasi Adobe sehingga pengguna Photoshop lama tidak butuh waktu lama untuk menguasai GIMP.

5. Krita

Alternatif Photoshop yang lebih fokus untuk menggambar dan melukis secara digital.

Sama seperti GIMP, Krita adalah software alternatif Photoshop yang 100% gratis dan tersedia di Windows, Linux, hingga Android. Namun jika GIMP fokus pada editing gambar, maka Krita menawarkan banyak fitur yang akan lebih cocok untuk seorang digital illustrator yang banyak menggambar atau melukis di perangkat mereka.

Krita adalah alternatif Photoshop terbaik untuk menggambar, melukis dan membuat ilustrasi digital.

Karena dirancang untuk hal tersebut, Krita pun penuh dengan banyak tools yang telah disesuaikan. Misalnya kuas yang dapat dikustomisasi, stabilisasi gambar untuk garis yang lebih lurus, alat warna yang lebih intuitif, hingga support terhadap stylus dan drawing tools lainnya. Aplikasi ini pun bisa membuka file Photoshop meski masih jauh dari kata sempurna.

Dibandingkan dengan Photoshop, Krita mungkin bukan alternatif yang sempurna untuk melakukan photo editing. Fitur serta plugin yang disediakan pun sangat terbatas dan tidak sebanding dengan Photoshop. Pada banyak kasus, performa Krita bahkan sering dikritik saat harus mengedit gambar berukuran besar.

Bagi pengguna yang mencari software gratis dengan fitur khusus untuk ilustrasi dan gambar digital, Krita adalah pilihan yang tepat. Dan meski cukup sulit dipelajari, ada banyak komunitas aktif, tutorial serta sumber daya online yang bisa membantu kamu membiasakan diri dengan Krita.

6. Paint.NET

Alternatif Photoshop gratis yang cocok untuk editing foto dan gambar sederhana.

Dibandingkan alternatif Photoshop lainnya, mungkin Paint.NET lebih cocok disebut sebagai pengganti Microsoft Paint karena sederhananya aplikasi ini. Meski tidak memiliki banyak fitur kompleks, Paint.NET adalah aplikasi sempurna untuk kamu yang hanya butuh alat pengeditan foto dan gambar sederhana dengan dukungan layer.

Paint.NET jadi alternatif Photoshop gratis yang cocok untuk editing foto dan gambar sederhana.

Salah satu daya tarik utama ini jelas ada pada harganya yang gratis. Selain itu Paint.NET pun terbilang sangat ringan dan tidak memerlukan spesifikasi komputer atau laptop yang tinggi. Antarmuka pengguna Paint.NET yang sederhana dan intuitif pun membuatnya mudah dipelajari, bahkan oleh pengguna pemula.

Buat kamu yang butuh fitur lebih, Paint.NET support plugin pihak ketiga yang juga bisa diinstal secara gratis. Sayangnya software ini tidak kompatibel dengan Photoshop dan hanya bisa diinstal di Windows saja. Meski kurang cocok untuk profesional, Paint.NET jadi pilihan sempurna bagi kamu yang butuh alternatif Photoshop untuk editing gambar ringan.

7. Photopea

Software mirip Photoshop yang bisa kamu pakai secara online.

Buat kamu yang hanya sesekali mengedit gambar, Photopea bisa jadi alternatif Photoshop yang sesuai karena aplikasi ini dapat diakses langsung melalui browser. Jadi kamu tidak perlu mengunduh atau menginstal Photopea, dan kamu bahkan bisa memakainya di berbagai perangkat berbeda.

Photopea adalah aplikasi mirip Photoshop yang bisa dipakai secara online

Photopea memiliki antarmuka yang sangat mirip dengan Photoshop, memudahkan pengguna yang sudah terbiasa dengan Photoshop untuk memakainya. Selain itu aplikasi ini pun mendukung berbagai format file, termasuk PSD, XCF (GIMP), Sketch, XD, dan CDR (CorelDRAW), yang membuatnya sangat fleksibel.

Meskipun ada versi premium, sebagian besar fitur Photopea dapat digunakan secara gratis dengan kompensasi tampilan iklan. Untuk ukuran software gratis, Photopea menyediakan banyak fitur canggih seperti layer, masking, adjustment layers, blending modes, dan smart objects, yang juga bisa ditemukan di Photoshop.

Sama seperti alternatif Photoshop ringan lainnya, Photopea mungkin tidak akan cocok untuk editing kompleks dan gambar berukuran besar. Namun dengan keterbatasannya tersebut, Photopea tetap jadi pilihan menarik bagi pengguna yang mencari solusi pengeditan foto dan desain mirip Photoshop yang mudah diakses dan hemat biaya.

8. Clip Studio Paint

Alternatif Photoshop yang tersedia di Windows, Mac, Android dan iOS.

Mungkin belum banyak yang tahu kalau Clip Studio Paint tidak hanya jadi salah satu aplikasi menggambar terbaik di Android dan iOS, tapi juga di PC Windows dan Mac. Dengan sistem pembayaran satu kali, Clip Studio Paint bisa jadi alternatif Photoshop yang lebih terjangkau.

Clup Studio Paint adalah aplikasi mirip Photoshop yang juga tersedia di Android, iOS dan Mac

Dengan berbagai fitur di dalamnya, kamu bisa memakai Clip Studio Paint untuk membuat manipulasi foto, ilustrasi digital, hingga animasi. Aplikasi ini pun sudah dilengkapi banyak fitur tambahan yang akan memudahkan kamu dalam membuat komik, manga, atau webtoons.

Dengan aplikasi yang tersedia di banyak platform, kamu bisa mensinkronisasi data agar kamu bisa bekerja dengan data yang sama di semua perangkat. Selain itu aplikasi ini pun bisa membuka file PSD meski masih kesulitan menerjemahkan fitur kompleks yang ada pada Photoshop.

9. Canva

Aplikasi desain grafis mirip Photoshop yang kaya akan template siap pakai.

Jujur tidak semua dari kita bisa memakai software sekompleks Photoshop untuk membuat berbagai desain gambar. Namun dengan Canva, bahkan pemula dan pengguna awam pun dapat membuat gambar bagus dengan cepat dan mudah untuk segala keperluan.

Canva adalah aplikasi desain grafis mirip Photoshop yang kaya akan template siap pakai.

Sama seperti Photopea, Canva adalah aplikasi editing gambar yang bisa diakses secara online melalui browser, sehingga praktis digunakan di berbagai perangkat. Canva memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan metode drag-and-drop membuatnya mudah dipelajari siapa saja.

Dibandingkan Photoshop, Canva jelas jauh lebih sederhana. Aplikasi ini hanya menyediakan alat pengeditan dasar seperti cropping, resizing, filter, teks, dan elemen grafis, yang cukup untuk kebutuhan desain sehari-hari.

Satu kelebihan Canva adalah ribuan templat siap pakai untuk berbagai keperluan, seperti poster, infografis, media sosial, presentasi, dan banyak lagi. Templat ini nantinya bisa diubah dan disesuaikan dengan mudah untuk kebutuhan desain apa saja. Selain itu Canva juga memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan banyak pengguna untuk bekerja pada desain yang sama secara bersamaan.

Meski tidak jadi alternatif Photoshop yang tepat untuk mengolah gambar dengan tingkat kompleksitas tinggi, Canva tetap bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin membuat desain mudah untuk keperluan sosial media atau marketingmu.

10. Pixelmator Pro

Aplikasi pengganti Photoshop khusus pengguna Mac.

Khusus untuk pengguna Mac, Pixelmator Pro bisa jadi alternatif Photoshop yang paling pas. Kamu bahkan bisa mencoba aplikasi editing gambar ini di iOS dan iPad, meski fitur pada pc/laptop jauh lebih banyak dan powerful.

Pixelmator Pro adalah aplikasi pengganti Photoshop khusus pengguna Mac.

Pixelmator Pro sendiri ditujukan pada pengguna pemula dan kasual yang tidak memerlukan tools yang terlalu kompleks seperti Photoshop. Dengan tampilan yang sederhana, aplikasi ini akan lebih cocok untuk kamu yang hanya butuh fitur pengeditan foto dasar dan menengah, seperti memotong, mengubah ukuran, dan menambahkan filter.

Di luar itu, Pixelmator Pro juga dilengkapi beragam template dan mockup yang siap digunakan untuk mewujudkan semua gagasanmu. Aplikasi ini pun kini memiliki fitur berbasis AI yang bisa membantu kamu membuat dan mengedit gambar dengan lebih cepat. Tidak cuma itu, Pixelmator Pro pun kompatibel dengan file PSD, sehingga memudahkan pertukaran file dengan pengguna Photoshop lainnya.

Meski tidak secanggih Photoshop, Pixelmator Pro tetap jadi rekomendasi terbaik untuk kamu yang banyak bekerja di ekosistem Apple. Selain mudah digunakan, aplikasi ini pun dikenal lebih cepat dan responsif dibandingkan dengan Photoshop, cocok untuk kamu yang memiliki perangkat Mac yang lebih tua.

11. PhotoDemon

Aplikasi alternatif Photoshop portabel dan ringan untuk PC/laptop kentang.

PhotoDemon adalah proyek open-source gratis yang fokus pada portabilitas. Ini membuat PhotoDemon tidak memerlukan instalasi dan dapat dijalankan langsung dari drive USB atau perangkat penyimpanan lainnya. Selain itu ukurannya yang kurang dari 15MB membuatnya bisa dijalankan dari komputer kentang sekalipun!

PhotoDemon adalah salah satu alternatif Photoshop yang ringan dan bisa dipakai di PC kentang

Meskipun tidak sekompleks Photoshop, PhotoDemon sudah lebih dari cukup untuk editing dasar dan menengah. Selain fitur dasar seperti cropping, resizing, layer, serta berbagai filter dan efek, PhotoDemon juga memiliki fitur keren mirip Photshop seperti content-aware fill atau perspective correction.

Tidak cuma itu, PhotoDemon pun memiliki macro recorder buat kamu yang sering melakukan hal yang sama berulang-ulang. Ada pula fitur batch processor buat kamu yang ingin mengedit banyak file sekaligus. Selain itu PhotoDemon pun support beragam format aplikasi lain seperti PSD (Photoshop), XCF (GIMP) dan PSP (PaintShop Pro).

12. Aseprite

Aplikasi mirip Photoshop khusus gambar piksel.

Fleksibilitas Photoshop membuatnya mampu digunakan untuk beragam keperluan, mulai dari ilustrasi digital yang kompleks hingga gambar piksel yang jauh lebih sederhana. Meski tidak ada salahnya memakai Photoshop untuk membuat gambar piksel, rasanya lebih baik menggunakan software khusus yang jauh lebih ringan dan memang dibuat khusus untuk pixel art seperti Aseprite.

Aplikasi pengganti Photoshop khusus gambar piksel

Bagi kamu yang tertarik membuat pixel art, Aseprite adalah software terbaik untuk hal tersebut. Dibanding Photoshop, Aseprite memiliki tampilan sederhana, resolusi rendah dan palet warna yang terbatas. Meski begitu Aseprite akan terlihat 'mewah' jika kamu hanya butuh aplikasi untuk menciptakan desain retro 8bit atau 16bit yang kini kembali digemari.

Selain membuat gambar piksel, kamu pun bisa membuat gambar animasi dan mengatur frame rate-nya sendiri. Aseprite pun terintegrasi dengan banyak game engine seperti Unity atau Godot, sehingga menarik untuk kamu yang ingin belajar desain grafis untuk game.


Itulah dia beberapa aplikasi menggambar yang bisa jadi alternatif Photoshop. Kamu bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan maupun budget kamu.

  • Affinity Photo jadi alternatif Photoshop terbaik dengan fitur yang kurang lebih sama dan support file PSD, namun dengan harga yang lebih terjangkau.
  • GIMP jadi alternatif Photoshop gratis terbaik, meski pengguna Photoshop mungkin akan lebih menyukai patch PhotoGIMP yang membuatnya jadi lebih mudah digunakan.
  • Paint.NET jadi software alternatif Photoshop buat kamu yang hanya ingin melakukan editing dasar dan butuh aplikasi yang sudah support layer.
  • Photopea jadi alternatif Photoshop online terbaik dengan fitur melimpah yang cocok untuk kamu yang hanya sesekali mengedit foto atau gambar.

Di luar itu juga ada Canva. Meski aplikasi ini tidak memiliki banyak tools yang membuatnya mirip Photosop, Canva tetap bisa jadi pilihan dengan banyaknya template yang memudahkan orang awam sekalipun untuk membuat berbagai jenis gambar. (GimTekno.com)

0 Komentar